Minggu, 22 Februari 2009

Ada Rubella!

Tahukah kamu tentang Rubella?
Frenz…
Ini bukan nama restoran atau mall. Apalagi judul lagu seperti yang diceploskan salah satu teman terbaik-ku.
Ini virus yang mengerikan bagiku dan bagi ibu-ibu hamil lainnya.
Rubela atau dikenal juga dengan nama Campak Jerman adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Rubella. Virus biasanya menginfeksi tubuh melalui pernapasan seperti hidung dan tenggorokan. Anak-anak biasanya sembuh lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Virus ini menular lewat udara.

Gejala infeksi Rubella :
* Pembengkakan pada kelenjar getah bening.
* Demam diatas 38 derajat Celsius.
* Mata terasa nyeri.
* Muncul bintik-bintik merah di seluruh tubuh.
* Kulit kering.
* Sakit pada persendian.
* Sakit kepala.
* Hilang nafsu makan.

Rubella juga biasanya ditularkan oleh ibu kepada bayinya, makanya disarankan untuk melakukan tes Rubela sebelum hamil. Bayi yang terkena virus Rubella selama di dalam kandungan beresiko cacat. Kelainan bawaan yang bisa ditemukan pada bayi baru lahir adalah tuli, katarak, mikrosefalus, keterbelakangan mental, kelainan jantung bawaan dan kelainan lainnya.

Rubella itu tidak berbahaya bagi calon ibu, tetapi sangat berbahaya bagi janin yang dikandungnya yang dapat mengakibatkan beberapa gangguan diatas.

Jadi...
Jumat, 20 Februari 09 aku kontrol ke dokter kandunganku dan hasil tes darah yang pernah kujalani menunjukkan bahwa IgG rubella positif 131,9 Iu/ml; IgM rubella negatif.
Ga mungkin! Aku hampir terduduk lemas di kursi ruang kontrol itu. Ko2 Tommy pun pucat melihat hasil tes yang tergeletak di atas meja praktek sang dokter. Tetapi saking sibuknya siang dokter, dia hanya mengatakan itu tidak berbahaya.
Aku tahu resiko yang akan diterima janin bila ada virus rubella dalam tubuh ibunya, padahal aku baru saja melihat gerakan bayiku dari layar USG. Aku juga melihat bayiku sudah memiliki bentuk tangan dan kaki. Panjang dan lebar tubuh bayiku pun berkembang pesat. 2 minggu yang lalu panjangnya sekitar 7cm; lebarnya 2,23cm, hari itu panjang bayiku 13cm; lebarnya sekitar 6 cm. Aku tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada bayi kami.

Aku benar-benar meminta yang terbaik bagi bayi kami pada Tuhan. Ko Tommy pun berdoa khusus untuk bayi dalam kandunganku yang kini berusia 7 minggu.

Sabtu, 21 Februari 09 jam 7 malam Ko Tommy menelpon aku pada saat dia sedang bermain bulutangkis dengan rekan-rekan dokter. Dia bertanya pada salah satu dokter kandungan juga yang cukup dekat dengannya.
Dokter : “Baguslah kalau IgG-nya positif. Yang penting IgM-nya negative kan?”
Ko Tommy : “Bagus gimana,dok? Istri saya itu tahu kalau rubella itu bahaya untuk
janin.”
Dokter : “Gini Tom, kalau IgG itu positif berarti istrimu sudah pernah
terkontaminasi rubella beberapa tahun yang lalu dan berhasil diatasi.
Sekarang rubella itu tetap ada dalam tubuh istri-mu tetapi menjadi
system imun atau kekebalan tubuh. Sedangkan IgM itu merupakan virus
rubella aktif yang dapat merusak perkembangan janin.
Ko Tommy : “Jadi, aman, Dok?”
Dokter : “100% aman,Tom. Bahkan kalau ada virus rubella aktif yang masuk
dalam tubuh istri-mu, kalian ngga perlu kuatir lagi karena sudah ada
system Imun alami yang bisa memerangi virus aktif itu utk berkembang
lebih jauh.”

Betapa leganya aku ketika ko Tommy menelpon dan menjelaskan pembicaraanya dengan rekan dokter yang dijumpainya di lapangan bulutangkis. Aku bener2 bersyukur pada Tuhan untuk segala perlindungan-Nya.

So Girlz…
Aku menyarankan, lebih baik kalian cek kesehatan secara menyeluruh sebelum masuk pada masa kehamilan. Dan jauhi binatang-binatang peliharaan berkaki 4 dan berbulu. Jauhi juga unggas family. Karena binatang berkaki 4 berbulu dan juga unggas family adalah sumber virus dari penyakit Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes yang notabene semuanya itu berbahaya di masa kehamilan dengan resiko cacat bawaan pada bayi bahkan bisa membunuh bayi dalam kandungan.

1 komentar:

  1. ouw.. jd gitu to??
    thanks ya darling udah mau bagi2 info..
    tp sukurlah ternyata si baby baek2 aja :p

    btw, gw taunya umbrella bukan rubella hehehe..

    BalasHapus